Pages

Wednesday 4 March 2015

KARBOHIDRAT

KARBOHIDRAT
A.      Definisi Karbohidrat
Secara umum definisi karbohidrat adalah senyawa organik yang mengandung atom Karbon, Hidrogen dan Oksigen dan pada umumnya unsur Hidrogen dan Oksigen dalam komposisi menghasilkan H2O. Di dalam tubuh karbohidrat dapat dibentuk dari beberapa asam amino dan sebagian dari gliserol lemak. Akan tetapi sebagian besar karbohidrat diperoleh dari bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, terutama sumber bahan makan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Sumber karbohidrat nabati dalam bentuk glikogen hanya dijumpai pada otot dan hati, sedangkan karbohidrat dalam bentuk laktosa hanya dijumpai di dalam susu.
Pada tumbuh-tumbuhan, karbohidrat di bentuk dari hasil reaksi CO2 dan H2O melalui proses fotosintesis di dalam sel-sel tumbuh-tumbuhan yang mengandung zat hijau daun (klorofil). Pada proses fotosintesis, klorofil pada tumbuh-tumbuhan akan menyerap dan menggunakan enersi matahari untuk membentuk karbohidrat dengan bahan utama
CO2 dari udara dan air (H2O) yang berasal dari tanah. Energi kimia yang terbentuk akan disimpan di dalam daun, batang, umbi, buah dan biji-bijian.
Karbohidrat merupakan sumber utama energi dan panas tubuh. Karbohidrat sebagian besar dalam bentuk glukosa (sekitar 80%), lainnya dalam bentuk fruktosa dan galaktosa. Fruktosa dan galaktosa setelah diserap akan segera diubah menjadi glukosa, hanya sedikit yang tetap dalam bentuk fruktosa dan galaktosa.

B.       Susunan Karbohidrat
Susunan Karbohidrat dapat digolongkan pada 3 kelompok besar yaitu:
1. Monosakarida (C6 H12 O6) yaitu gula yang paling sederhana terdiri dari molekul tunggal. Dapat dibagi lagi menurut jumlah atom karbon yang dimiliki:Triosa (3-karbon), Tetrosa (4-karbon), Pentosa (5-karbon),Heksosa (6-karbon). Monosakarida yang penting adalah gula yang mempunyai 6-karbon (Heksosa), contohnya:glukosa, fruktosa, dan laktosa.
- Glukosa : gula yang terpenting bagi metabolisme tubuh,dikenal sebagai gula
fisiologis, dekstrosa. Sumber :
a.    Bentuk jadi ditemui di alam pada buah-buahan, jagung manis,
sejumlah akar, madu.
b. Dihasilkan sebagai produk pencernaan pati. Pati      Dextrin       Maltosa  
2 molekul gula glukosa dengan bantuan enzim.
c. Normal, didapat di dalam sirkulasi darah.
- Fruktosa : Merupakan gula yang termanis dari semua gula, dikenal juga dengan nama levulosa. Sumber: Merupakan hasil hidrolisa dari gula sukrosa, perubahannya menjadi glukosa terjadi di dalam hati kemudian bentuk glukosa ini dapat dioksidasi sempurna menjadi energi.
- Galaktosa :Gula ini tidak ditemui bebas di alam tetapi merupakan hasil hidrolisa dari gula susu (laktosa). Melalui proses metabolisme akan diubah menjadi glukosa yang dapat memasuki Siklus Kreb’s untuk menghasilkan energi.
2. Oligosakharida : Gula yang mengandung 2-10 molekul gula sederhana.
a. Disakarida. Macamnya terdiri dari :
- Sukrosa (gula meja),bila dipecah menjadi Fruktosa dan Galaktosa. Sumber : Molasis dan Sorgum diperdagangkan dari sari tebu dan beet.
- Maltosa (Gula malt/biji). Tidak ditemui bebas di alam tetapi berasal dari hasil pencernaan pati dengan bantuan enzim diastase, didapat di dalam biji-bijian yang dibuat kecambah.
b. Trisakharida, ditemui terutama dalam bit dan madu.
c. Tetrasakharida, ditemui pada kacang polong, bit.
3. Polisakharida. Merupakan karbohidrat yang komplek terdiri atas beberapa molekul satuan gula sederhana (monosakharida). Beberapa dapat dicerna yaitu pati dan dekstrin, sedangkan yang lain tidak (Sellulosa dan Hemiselullosa seperti agar dan pektin),tidak larut dalam air.
Polisakharida yang penting yaitu:
a. Pati : Disimpan dalam bentuk karbohidrat tanaman,didapatkan didalam biji-bijian, akar-akaran, umbi-umbian, buah yang belum matang.
b. Dekstrin :Merupakan hasil antara pencernaan pati untuk dibentuk menjadi  maltosa.
c. Glikogen :- Disebut juga “animal starch” disimpan dalam hati dan jaringan otot.
- Dipergunakan untuk mensuplai energi bagi jaringan tubuh pada saat latihan & bekerja keras.
- Glikogen hati diubah menjadi glukosa untuk disirkulasi ke berbagai bagian
tubuh.
d. Sellulosa : Polisakharida yang tidak dapat dicerna,tahan terhadap kerja enzim pencernaan dan menyumbangkan muatan/massa yang besar terhadap makanan.
e. Pektin : - Tidak dapat dicerna,didapat dalam buah-buahan, memberi ketebalan pada kulit buah. Berfungsi sebagai laksatif/pencahar dan sebagai pengental, pengikat serta pembentuk gel makanan.
f. Inulin : Penting bagi pengobatan dan dipakai dalm test/ uji fungsi ginjal.
Struktur monosakarida, disakarida dan polisakarida dapat dilihat pada gambar 1,2 dan 3.

Gambar 3. Polisakarida

C.  Fungsi karbohidrat
1.Fungsi utamanya sebagai sumber energi (1 gram karbohidrat menghasilkan 4 kalori) bagi kebutuhan sel-sel jaringan tubuh. Sebagian dari karbohidrat diubah langsung menjadi energi untuk aktivitas tubuh dan sebagian lagi disimpan dalam bentuk glikogen di hati dan di otot. Ada beberapa jaringan tubuh seperti sistem syaraf dan eritrosit yang hanya dapat menggunakan energi yang berasal dari karbohidrat saja.
2.Melindungi protein agar tidak dibakar sebagai penghasil energi. Kebutuhan tubuh akan energi merupakan prioritas pertama, apabila karbohidrat yang dikonsumsi tidak mencukupi untuk kebutuhan energi tubuh dan jika tidak cukup terdapat lemak di dalam makanan atau cadangan lemak yang disimpan di dalam tubuh, maka protein akan menggantikan fungsi karbohidrat sebagai penghasil energi. Dengan demikian protein akan meninggalkan fungsi utamanya sebagai zat pembangun. Apabila keadaan ini berlangsung terus menerus maka keadaan kekurangan energi dan protein (KEP) tidak dapat dihindari lagi.
3.Membantu metabolisme lemak dan protein, dengan demikian dapat mencegah terjadinya ketosis dan pemecahan protein yang berlebihan.
4. Di dalam hepar berfungsi untuk detoksifikasi zat-zat toksik tertentu.
5.Beberapa jenis karbohidrat mempunyai fungsi khusus di dalam tubuh. Laktosa rnisalnya berfungsi membantu penyerapan kalsium. Ribosa merupakan merupakan komponen yang penting dalam asam nukleat.

6.Selain itu beberapa golongan karbohidrat yang tidak dapat dicerna, mengandung serat (dietary fiber) berguna untuk pencernaan dan memperlancar defekasi.

.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar.