Pages

Monday 9 March 2015

SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

SISTEM PENCERNAAN MANUSIA
Sistem pencernaan pada manusia terdiri atas saluran pencernaan dan kelenjar-kelenjar pencernaan. Fungsi sistem pencernaan adalah mencerna dan menyerap makanan sehingga diperoleh zat-zat makanan yang dibutuhkan bagi tubuh. Rongga-rongga yang terlibat  dalam proses pencernaan adalah mulut, farings, esofagus, lambung/gastrik, usus halus, usus besar dan didukug oleh organ pelengkap yang terdiri dari gigi, lidah, kelenjar ludah, empedu, hati dan pankreas.
Aktivitas dalam saluran pencernaan terdiri atas (1) ingesti, yaitu pengambilan makanan masuk ke saluran cerna (2) propulsi, yaitu menelan dan peristaltis (gerakan kontraksi dan relaksasi otot-otot pada dinding organ) (3) digesti mekanik, yaitu mengunyah, mencampur dan mengaduk makanan (4) digesti kimia, yaitu penguraian makanan atau katabolik (5) absorpsi, yaitu gerakan nutrien dari sal cerna ke darah atau limpa dan (6) defekasi , yaitu eliminasi buangan padat yang tidak dapat dicerna.
Organ-organ pencernaan adalah sebagai berikut :
1.    Rongga Mulut
Rongga mulut (pipi) dibatasi oleh epitel gepeng berlapis tanpa tanduk. Atap mulut tersusun atas palatum keras (durum) dan lunak (molle), keduanya diliputi oleh epitel gepeng berlapis. Uvula palatina merupakan tonjolan konis yang menuju ke bawah dari batas tengah palatum lunak.
2.    Lidah
Lidah merupakan suatu massa otot lurik yang diliputi oleh membran mukosa. Serabut-serabut otot satu sama lain saling bersilangan dalam 3 bidang, berkelompok dalam berkas-berkas, biasanya dipisahkan oleh jaringan penyambung. Pada permukaan bawah lidah membran mukosanya halus, sedangkan permukaan dorsalnya ireguler, diliputi oleh banyak tonjolan-tonjolan kecil yang dinamakan papilae. Papilae lidah merupakan tonjolan-tonjolan epitel mulut dan lamina propria yang diduga bentuk dan fungsinya berbeda. Terdapat 4 jenis papillae yaitu papilae filiformis, papilae fungiformis, papilae foliatae dan papilae circumfalatae.
3.    Pharynx
Pharynx merupakan peralihan ruang antara rongga mulut dan sistem pernapasan dan pencernaan. Ia membentuk hubungan antara daerah hidung dan larynx. Pharynx dibatasi oleh epitel berlapis gepeng jenis mukosa, kecuali pada daerah-daerah bagian pernapasan yang tidak mengalami abrasi. Pada daerah-daerah yang terakhir ini, epitelnya toraks bertingkat bersilia dan bersel goblet.
4.    Oesofagus
Bagian saluran pencernaan ini merupakan tabung otot yang berfungsi menyalurkan makanan dari mulut ke lambung. Oesofagus diselaputi oleh epitel berlapis gepeng tanpa tanduk. Pada lapisan submukosa terdapat kelompokan kelenjar-kelenjar oesofagea yang mensekresikan mukus. Pada bagian ujung distal oesofagus lapisan otot hanya terdiri dari sel-sel otot polos, pada bagian tengah lapisan otot terdiri dari campuran sel-sel otot lurik dan polos dan pada ujung proksimal  hanya terdiri dari  sel-sel otot lurik.
5.    Lambung
Lambung merupakan segmen saluran pencernaan yang melebar, fungsi utamanya adalah menampung makanan yang masuk, mengubahnya menjadi bubur yang liat yang dinamakan kimus (chyme). Permukaan lambung ditandai oleh adanya peninggian atau lipatan yang dinamakan rugae. Lambung secara struktur histologis dapat dibedakan menjadi: kardia, korpus, fundus dan pylorus.
6.    Usus Halus
Usus halus relatif panjang kira-kira 6 m dan hal ini memungkinkan kontak yang lama antara makanan dan enzim-enzim pencernaan serta antara hasil-hasil pencernaan dan sel-sel absorptif epitel pembatas. Usus halus terdiri atas 3 segmen yaitu duodenum, jejunum dan ileum.
7.    Usus besar
Usus besar terdiri atas membran mukosa tanpa lipatan kecuali pada bagian distalnya (rektum) dan tidak terdapat vili usus. Epitel yang membatasi adalah toraks dan mempunyai daerah kutikula tipis. Fungsi utama usus besar adalah untuk absorpsi air, pembentukan massa feses, pemberian mukus dan pelumasan permukaan mukosa.

Gangguan pada Sistem Pencernaan Manusia
Sistem pencernaan pada manusia dapat mengalami gangguan. Adapun gangguan sistem pencernaan manusia disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor penyebab gangguan pada sistem pencernaan manusia misalnya mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, pola makan yang tidak teratur.
Gangguan sistem pencernaan manusia :
1.    Sakit gigi
Sakit gigi disebabkan karena gigi berlubang. Sakit gigi berpengaruh terhadap kerja ginjal dan jantung. Gigi berlubang disebabkan karena banyaknya bakteri pada gigi akibat kurangnya kesadaran sikat gigi secara teratur.
2.    Sariawan
Sariawan merupakan gangguan pencernaan dimana mulut, gusi maupun lidah terluka dan terasa perih saat makan. Sariawan terjadi karena panas dalam pada rongga mulut dan rongga lidah. Sariawan disebabkan kekurangan vitamin C.
3.    Diare
Diare merupakan gangguan pencernaan dimana perut terasa mulas dan feses  encer. Diare terjadi karena selaput dinding usus besar mengalami iritasi. Adapun penyebab diare adalah gerakan peristaltik usus tidak terkendali dan tidak terjadi penyerapan air di dalam usus besar akibat mengkonsumsi makanan yang mengandung kuman. Apabila feses penderita bercampur dengan darah atau nanah, gejala tersebut menunjukkan penderita mengalami disentri yang disebabkan oleh infeksi bakteri Shigella pada dinding usus besar penderita.
4.    Konstipasi (sembelit)
Sembelit merupakan gangguan pencernaan dimana penderita mengeluarkan feses yang keras. Sembelit terjadi karena penyerapan air oleh usus besar terlalu banyak. Hal ini disebabkan kurangnya mengkonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran serta kebiasaan buruk seseorang yang selalu menunda buang air besar,
5.    Maag
Maag merupakan gangguan pencernaan dimana penderita merasa perih pada dinding lambung diserati rasa mual dan perut kembung. Penyebab penyakit maag pada manusia yaitu bakteri Helicobakter pylori yang menyebabkan kadar asam lambung terlalu tinggi. Maag disebabkan karena pola makan yang tidak teratur, pikiran yang terlalu tegang ataupun stress.
6.    Gastritis
Gastriris disebabkan oleh makanan yang banyak mengandung kuman-kuman penyakit sehingga menyebabkan karena kadar asam klorida (HCl) terlalu tinggi dan terjadi peradangan pada dinding lambung.
7.    Tukak lambung
Tukak lambung merupakan gangguan pencernaan dimana selaput lendir pada lambung mengalami kerusakan karena terlalu banyak mengeluarkan asam lambung. Tukak lambung disebabkan oleh kuman maupun oleh rasa cemas yang berlebih, ketakutan maupun stres.
8.    Hepatitis
Hepatitis merupakan gangguan pencernaan akibat infeksi virus pada hati.Virus tersebut masuk ke dalam tubuh melalui makanan maupun air yang dikonsumsi. Selain faktor makanan hepatitis juga disebabkan karena faktor keturunan.
9.    Apendisitis
Apendisitis merupakan gangguan pencernaan dimana terjadi peradangan pada umbai cacing atau usus buntu. Apendisitis disebabkan oleh bakteri.
10.              Hemaroid (wasir)
Wasir atau sembelit merupakan gangguan pencernaan dimana pembuluh vena mengalami pembengkakan di sekitar anus. Sembelit seringkali dialami oleh ibu hamil maupun oarang yang terlalu banyak duduk.
11. Radang usus buntu
Radang usus buntu merupakan gangguan pencernaan karena usus buntu mengalami infeksi oleh bakteri. Radang usus buntu terjadi karena tersumbatnya lubang antara usus buntu dan usus besar oleh lendir maupun oleh biji cabe.




1 comment:

  1. You should see how my colleague Wesley Virgin's story starts with this SHOCKING AND CONTROVERSIAL video.

    As a matter of fact, Wesley was in the army-and soon after leaving-he unveiled hidden, "MIND CONTROL" secrets that the government and others used to get everything they want.

    As it turns out, these are the EXACT same tactics tons of famous people (notably those who "became famous out of nowhere") and top business people used to become wealthy and famous.

    You probably know that you only use 10% of your brain.

    That's mostly because most of your BRAINPOWER is UNCONSCIOUS.

    Perhaps that conversation has even occurred IN YOUR very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head about seven years back, while riding an unregistered, beat-up bucket of a car with a suspended license and with $3 on his bank card.

    "I'm very frustrated with living paycheck to paycheck! Why can't I turn myself successful?"

    You took part in those types of thoughts, am I right?

    Your very own success story is waiting to be written. Go and take a leap of faith in YOURSELF.

    WATCH WESLEY SPEAK NOW

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar.