Pages

Friday 20 March 2015

Peran dan cabang ilmu biologi

Biologi merupakan suatu istilah yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios yang berarti hidup dan logos yang berarti ilmu. Jadi, Biologi adalah ilmu tentang kehidupan.  Sesuai dengan sifat ilmu sains lainnya, Biologi memiliki ciri tentatif. Artinya, Biologi akan terus berubah sesuai dengan perkembangan waktu. Salah satu contohnya adalah dalam penemuan virus mosaik. Awalnya para ilmuwan Biologi menyimpulkan bahwa penyebab penyakit mosaik pada daun tembakau adalah bakteri yang berukuran sangat kecil. Akan tetapi, seiring kemajuan teknologi dan perkembangan waktu, ternyata penyebab dari penyakit mosaik pada daun tembakau tersebut adalah virus.
Sebagian orang berpendapat bahwa biologi adalah ilmu yang ambivalen, yaitu ilmu yang mencakup dua aspek dari suatu kehidupan yang sulit untuk ditelaah, yaitu aspek materi dan non materi. Yang pertama dapat kita amati dengan indera kita, dengan atau tanpa menggunakan instrumen-instrumen hasil teknologi. Kemajuan teknologi membawa kemajuan dalam studi biologi, akan tetapi sebaliknya pun dapat terjadi, kemajuan dalam bidang biologi menyebabkan kemajuan teknologi. Masalah-masalah yang dihadapi atau ditemukan dalam bidang biologi acap kali memacu untuk tidak saja menciptakan alat-alat baru untuk menunjang penelitian dalam biologi sendiri, akan tetapi juga untuk mendorong orang untuk memperbaiki teknologi misalnya pengolahan tanah, teknologi penyediaan makanan, teknologi pemberantasan hama dan penyakit, teknologi kedokteran umum dengan segala peralatannya yang modern dan sebagainya.
Biologi memilki ciri-ciri yaitu (1) memliki objek kajian berupa benda-benda konktret, yaitu makhluk hidup (2) ilmu tersebut dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris, yaitu pengalaman yang dilakukan setiap orang (3) menggunakan cara berpikir logis, yaitu cara berpikir yang menggunakan lagika, teratur dan disiplin (4) ilmu terssebut dikaji dengan menggunakan langkah-langkah yang sistematis (5) hasil kerjanya bersifat objektif, artinya selalu memihka kebenaran ilmiah
Pemahaman biologi dapat membantu kita untuk (1) memahami diri dan kehidupan di sekitar kita (2) meningkatkan kualitas hidup, seperti menggunakan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan sandang, pangan dan papan, mencegah penyakit serta mengembangkan cara baru untuk memanfaatkan organisme lain (3) meningkatkan pengaruh pisitif terhadap lingkungan, seperti melestarikan habitat alami dan spesies langka, serta mengurangi pengaruh pencemaran lingkungan.
Biologi sebagai salah satu cabang ilmu sains ikut berperan dalam memecahkan permasalahan yang terus berkembang saat ini, Biologi terspesialisasi menjadi cabang-cabang yang lebih lengkap. Cabang-cabang ini memiliki kajian yang khusus disesuaikan dengan permasalahan yang dibahas. Cabang-cabang Biologi tersebut, di antaranya sebagai berikut:
1.Mikrobiologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang organisme berukuran renik (mikroskopik)
2. Botani yaitu ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan
3. Zoologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang hewan
4. Sitologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang sel
5. Fisiologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang proses serta fungsi organ tubuh
6. Evolusi yaitu ilmu yang mengkaji mengenai asal-usul kehidupan dan perubahan suatu organisme dari waktu ke waktu
7. Morfologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang struktur atau bentuk luar suatu organisme
8. Ornitologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang burung
9. Virologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang virus
10. Bakteriologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang bakteri.
Biologi telah memberikan kontribusi yang nyata bagi kehidupan manusia. Berbagai penemuan dalam bidang biologi telah berperan dalam penyejahteraan manusia. Diantaranya adalah :  
1.    Dalam bidang pertanian, kini telah banyak ditemukan bibit unggul seperti padi yang dapat dipanen beberapa kali dalam setahun. Bibit unggul ini ditemukan melalui metode kawin silang ataupun beberapa teknik yang didasari oleh Biologi.
2.    Dalam bidang kesehatan, telah banyak ditemukan berbagai jenis antibiotik. Seorang ilmuwan bernama Sir Alexander Fleming berhasil menemukan antibiotik pertama, yaitu penisilin. Antibiotik ini mampu mencegah infeksi yang terjadi pada luka. Mikrobiologi kedokteran telah berhasil mengidentifikasi beberapa jenis mikroba yang menyebabkan penyakit pada manusia maupun hewan. Dengan demikian, antibiotik untuk mikroba-mikroba tersebut dapat dibuat. Contoh lain yaitu penemuan teknik transplantasi (pencangkokan) organ. Hal ini membantu para penderita penyakit yang mengalami kerusakan pada salah satu organ tubuhnya kini telah mendapatkan jalan keluarnya. Transplantasi organ yang sudah berhasil dilakukan oleh para dokter adalah pencangkokan ginjal, jantung, sumsum tulang belakang maupun hati.
3.    Dalam bidang peternakan, telah banyak ditemukan hewan ternak bibit unggul. Berbagai cara untuk meningkatkan kualitas hewan ternak juga sudah banyak ditemukan, seperti peningkatan kualitas pakan ternak.
4.    Dalam bidang lingkungan, telah banyak usaha yang didasari Biologi untuk memecahkan permasalahan. Contohnya, masalah sampah, pencemaran, kerusakan lahan, atau kebakaran hutan.
5.    Dalam  bidang industri, (1) ditemukannya kandungan gula yang cukup tinggi pada batang tebu, menyebabkan berkembangnya pabrik pengolahan tebu menjadi gula. (2) diketahuinya bahwa serabut biji kapas dan bulu domba dapat diolah menjadi benang, dan kepompong ulat sutera dapat diolah menjadi benang sutera, maka berkembanglah industri tekstil/kain, kain wol dan kain sutera. (3) dengan berkembangnya mikrobiologi, telah diketahui berbagai struktur dan sifat-sifat dari berbagai jenis mikroba/jasad renik, baik yang menguntungkan maupun yang bersifat patogen (menyebabkan penyakit), maka berkembanglah industri obat-obatan, makanan/minuman yang berkhasiat obat. Contoh dalam industri makanan adalah diketemukannya jenis bakteri Lactobacillus yang sifat-sifatnya dapat bermanfaat bagi manusia dan dapat dibuat menjadi yoghurt, maka berkembanglah industri pembuatan yoghurt. Contoh lain dari pemanfaatan mikrobiologi dalam bidang industri makanan adalah pada industri kecap, tempe, oncom, keju, roti dan nata de coco.


1 comment:

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar.